Sabtu, 13 Juli 2013

Belajar Beatbox untuk Pemula

Basic untuk beatbox ada 3 suara : Bass Drum, Hi Hat, dan Snare drum
Bass Drum

Suara ini dibentuk dari huruf B. Seandainya kita lafalin di bahasa Indonesia, maka yang kedengeran adalah "BE". OK, sekarang coba lo sebut huruf B itu tanpa huruf E nya. Sambil nyebut huruf B itu, rapatkan otot bibir dan dorong dengan udara dari dalam mulut.

Untuk ngebantu di awal belajar, coba sebut "Buh" atau "Buf" dengan huruf U sesingkat mungkin atau hampir gak kedengaran.

---

Hi Hat

Kalo lo termasuk cukup fasih dalam bahasa inggris, maka suara ini dibentuk dari huruf T di mana mereka bakal ngelafalin seperti "TSI". Kalo di bahasa Indonesia sih lebih dekat ke bunyi huruf C dan lafalnya seperti "CI". Nah, ini adalah bunyi dari hi hat dalam keadaan tertutup.

Untuk suara hi hat dalam keadaan terbuka, lafalnya "TS". Jadi setelah bunyi awal T keluar, segera sambung dengan bunyi S.

---

Snare Drum (basic)

Suara ini dibentuk dari huruf P. Untuk yang basic, biasanya setelah huruf P berbunyi, buru2 kita sambung ke bunyi F. Jadinya "Pf" atau "Puff" dengan bunyi huruf U sesingkat mungkin. Bayangin ada benda halus yang nempel di bibir lo, misalnya tembakau atau sobekan kemasan snack, terus lo berusaha untuk ngebuang benda tadi dengan hembusan udara dari mulut lo. Tapi, hembusan udaranya dibuat sesingkat mungkin.

Untuk teknik ini, bibir harus dibuat serapat mungkin supaya tekanan udara di dalam mulut lo bisa terbangun. Teknik lain yang umum digunain untuk suara snare ini adalah dengan bunyi huruf K, yang kalo dilafalin jadinya "Keh" atau "Kch". Mau pake yang mana, terserah.


---


OK, itu tadi dasar2nya. Semuanya masih dengan teknik expelled air atau hembusan angin dari paru2 atau mulut. Sekarang lo bisa coba bikin beat simple dari bunyi2an basic tadi. Kita coba bikin 8 beat, dengan pola beat di bawah ini. Angka2 adalah penunjuk ketukan, tanda titik adalah penunjuk jeda, dan coba bikin beat yang teratur temponya. Kalo ribet bacanya, coba copy paste ke program Notepad supaya jarak hurufnya lebih teratur.


1 . 2 . 3 . 4 . 5 . 6 . 7 . 8 .

B . t . Pf t . B . B . Pf t .


Masih susah juga? Emang harus latihan terus sih. Hehe... Untuk sedikit mempermudah, coba ngomong Boots dan Cats dengan bunyi huruf vokal yang ditahan. Kira2 nanti bunyinya jadi "Bts Kts Bts Kts Bts Kts" dst.


Selamat berlatih, dan jangan lupa "Spread the beat, spread the love!" :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar